Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai software apa saja yang dapat digunakan untuk mengelolah database

Apache Derby

Pengolah database ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama IBM Cloudscape. Apache Derby adalah aplikasi pengolah database yang sifatnya open source dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Apache Derby biasanya digunakan di program Java dan untuk memproses transaksi online.

IBM DB2

Ini adalah program pengolah database yang dikembangkan oleh IBM secara komersial. DB2 dibagi menjadi 3 varian yakni DB2 untuk Linux – Unix – Windows, DB2 untuk mainframe dan DB2 untuk iSeries.

Firebird

Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan Firebird Project. Biasanya aplikasi pengolah database ini dijalankan di Linux Windows dan beberapa varian Unix.

Microsoft SQL Server

Ini adalah aplikasi pengolah database yang dikembangkan langsung oleh Microsoft yang bersifat komersial. Tetapi, ada pula versi freewarenya. Biasanya digunakan dalam berbagai versi Microsoft Windows.

Oracle

Ini adalah program pengolah database yang bersifat komersial dan dikembangkan oleh Oracle Corporation. Oracle terbagi menjadi beberapa varian dengan tujuan dan segmen penggunaan yang bermacam – macam.

MySQL

Ini adalah aplikasi pengolah database open source dan dikembangkan oleh Oracle. MySQL adalah pengolah database yang banyak digunakan dan biasa digunakan untuk aplikasi web.

Postgres atau Postgre SQL

Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan PosgreSQL Global Development Group. Pengolah database ini hadir dalam beberapa platform sistem operasi seperti FreeBSD, Linux, Windows, Solaris, dan Mac OS.

Sybase

Ini adalah aplikasi pengolah database komersial yang dikembangkan oleh SAP. Sybase ditargetkan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

WebDNA

Ini adalah aplikasi pengolah database yang sifatnya freeware dan dikembangkan WebDNA Software Corporation dan didesain untuk web.

Redis

Ini adalah aplikasi pengolah database terbuka atau open source yang dikembangkan Salvatore Sanfilippo dan disponsori oleh Vmware.

MongoDB

Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan langsung oleh 10gen. MongoDB saat ini tersedia untuk berbagai macam platform sistem operasi dan sudah digunakan oleh MTV Networks, Foursquare, dan Craiglist.

CouchDB

Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan Apache Software Foundation. CouchDB difokuskan untuk server web.

Demikian beberapa program pengolah database yang banyak digunakan dan penggunaannya. Anda bisa menggunakan aplikasi pengolah database sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber :

http://www.technogrezz.com/2013/12/nama-nama-program-pengolah-database.html