Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai CBIS atau Sistem Informasi Berbasis Komputer, Ayo dibaca baik-baik ya..

Apa sih CBIS itu?

Computer Based Information System (CBIS) menurut Brigida (2012) adalah (CBIS) merupakan obyek yang dibangun atau yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan user didalam menjalankan organisasi berupa informasi dan CBIS adalah sebuah sistem pengolah data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan dipergunakan sebagai alat pembantu dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan 3P (Problem, Peluang atau Perintah) adapun Informasi yang berkualitas adalah informasi yang proporsional dan profesional artinya memadai dan bertanggung jawab didalam memberikan solusi.

Sedangkan istilah Computer Based Information System (CBIS) menurut Fatta (2007) sebenarnya mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis teknologi komputer. Pada buku ini, CBIS disebut sebagai sistem informasi.

Computer-Based Information System = Hardware + Software + People + Procedures + Information

Menurut Umar (2005) CBIS sebenarnya mengacu pada evolusi sitem informasi berbasiskan komputer yang tahapannya memperlihatkan perkembangan kemajuan teknologi sistem informasi sekaligus pemanfaatannya oleh orang-orang yang berkepentingan dalam perusahaan.

CBIS punya komponen-komponen penting…. Apa saja ya?

Sistem informasi berbasis komputer (CBIS) ini memiliki beberapa komponen menurut Stair (dalam Fatta, 2007) diantaranya :

  1. Perangkat Keras : Untuk melengkapi kegiatan memasukan data, memproses data, dan keluaran data.
  2. Perangakat Lunak : Program dan instruksi yang diberikan ke komputer.
  3. Database : Kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses pengguna sistem informasi.
  4. Telekomunikasi : Komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama ke dalam suatu jaringan kerja yang efektif.
  5. Manusia : Personel dari sistem informasi, meliputi manajer, analis, programer, dan operator, serta bertanggung jawab terhadap perawatan sistem.

Sementara Burch dan Grudnistki (dalam Fatta, 2007) menyebut komponen-komponen di atas disebut dengan istilah blok bangunan (building block), diantaranya :

1.Blok Masukan (Input Block)

   Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi (termasuk metode-metode dan media yang digunakan).

2.Blok Model (Model Block)

   Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang    tersimpaan di basis data dengan cara tertentu untu menghasilkan keluaran yang diinginkan

3.Blok Keluaran (Output Block)

   Keluaran yang merupakan informasi berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen serta      semua pemakai sistem

4.Blok Teknologi (Technology Block)

  Teknologi merupakan kotak alat (Tool-box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input,

  menajalankan model, menyimpan dan mengaakses daata, menghasilkan sekaligus mengirimkan keluaran dan

  membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

5.Blok Database

  Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat kerass komputer dan

  digunakan perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

6.Blok Kendali (Control Block)

  Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat

  dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung diatasi.

Sumber :

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing: perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI

Umar, H. (2005). Evaluasi kinerja perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

http://informatika.web.id/computer-based-information-system.htm

Terima kasih telah bersedia membaca sampai selesai… Semoga bermanfaat..