Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan kegiatan atau untuk melakukan sasaran yang tertentu (Hutahaean, 2014).

Sistem menurut Fatta (2007) diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung satu sama lain.

Informasi menurut Hutahaean (2014) adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berarti bagi penerimannya.

Sedangkan informasi menurut Davis dan Olson (dalam Gaol, 2008) adalah data yang telah diproses/ diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.

Sistem Informasi menurut Hutahaean (2014) adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organsasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.

Psikologi berasal dari kata psyche artinya jiwa dan logos artinya ilmu pengethuan. Jadi psikologi berarti ilmu pengetahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa. Psikologi merupakan ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran, proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan juga emosional. (Basuki, 2008)

Psikologi menurut Wade dan Tavris (2008) adalah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan kumpulan data mengenai perilaku dan berbagai proses mental yang terorganisasi dan saling berkaitan satu data dengan data yang lainnya.

Daftar Pustaka

Basuki, A. M. H. (2008). Psikologi umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusaan dan organisasi modern. Yogakarta. CV Andi Offset.

Gaol, C. J. L. (2008). Sistem informasi manajemen: pemahaman dan aplikasi. Jakarta : Grasindo.

Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wade, C dan Tavris, C. (2008). Psikologi ed.9 jilid 1. Jakarta: Erlangga.