A.Definisi komunikasi

Penyampaian dan pemahaman suatu maksud. Pengertian tersebut menunjukkan bagwa komunikasi terjadi apabila informasi berhasil disampaikan.

B.Proses komunikasi

Sebagai suatu proses, komunikasi mempunyai persamaan dengan bagaimana seseorangmengekspresikan perasaan, hal-hal yang berlawanan (kontradiktif), yang sama (selaras, serasi), serta meliputi proses menulis, mendengarkan, dan mempertukarkan informasi.Menurut Bovee dan Thill, proses komunikasi terdiri atas enam tahap, yaitu:

  1. Pengirim mempunyai suatu idea tau gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan.
  4. Penerima menerima pesan.
  5. Penerima menafsirkan pesan.
  6. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik kepada pengirim

C.Hambatan Komunikasi

Hambatan komunikasi secara spesifik dapat berupa perbedaan persepsi dan bahasa, pendengaran yang buruk, gangguan emosional, perbedaan budada dan gangguan fisik.

Perbedaan perspsi dan bahasa sering kali terjadi akibat persepsi yang berbeda karena bahsa yang berbeda dalam kedua belah pihak. Perbedaan persepsi jarang timbul akibat adanya perbedaan usia, pedidikan dan peralihan situasi semula.

Pendengaran yang buruk dapat terjadi jika ada kerusakan pada organ telinga. Pada keadaan tidak normal tersebut komunikasi sering terhambat. Ada lagi yang lebih mengerikan jka pendengar bertelinga normal tetapi tidak dapat menangkap apa yang dibicarakan oleh lawan bicara.

Gangguan emosianal juga dapat menghambat dalam berkomunikasi. Seperti sulitnya menyusun pesan ketika sedang dalam keadaan kecewa, marah, atau takut. Gagasan dan pesan sering membuat pembicara sulit bersikap objektif. Begitu pula dengan orang lain yang sedang emosional.

Perbedaan budaya juga dapat menghambat terjadinya komunikasi dengan lancar. Hambatan ini disebabkan oleh perrbedaan budaya ini menujukkan hambatan komunikasi yang paling sulit diatasi. Sementara itu gangguang komunikasi bisa dalam bentuk gangguan fisik, yaiut karena hubungan yang buruk, akustik yang jelek atau adanya tulisan yang tak dapat dibaca. Meskipun hambatan ini terbilang kecil tetapi dapat menghambat pesan yang sebenarnya efektif.

Daftar Pustaka :

Munandar, Jono., Kartika, Lindawati., Permanasari, Yusrina., Indrawan, R., Adrianto, Syaefudin., et al. (2014). Pengantar manajemen panduan komprehensif pengelolaan organisasi. Bogor : IPB Press.

https://www.academia.edu/5342453/Proses_Komunikasi

Royan, Frans M. (2005). Negotiation in consultative selling. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia