D.Definisi komunikasi interpersonal efektif

Menurut Dean Banlund komunikasi interpersonal adalah adanya orang-orang pada pertemuan tatap muka dalam situasi sosial informal yang melakukan interaksi terfokus melalui pertukaran verbal dan non verbal yang saling berbalasan.

Devito membagi dan membedakan komunikasi interpersonal dengan tiga hal

  1. Definisi berdasarkan komponen (componential definition)

Definisi berdasarkan komponen menjelaskan komunikasi antar pribadi dengan mengamati komponen-komponen utamanya, yaitu penyampaian pesan oleh salah satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluan untuk memberikan umpan balik segera.

  1. Definisi berdasarkan hubungan (relational “diadic” definition)

Dalam definisi ini komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang berlangsung antara dua orang yang mempunyai hubungan yang mantap dan jelas.

  1. Definisi berdasarkan pengembangan (developmental definition)

Dalam ancangan pengembangan (developmental), komunikasi antar pribadi dilihat sebagai akhir perkembangan dari komunikasi yang bersifat tak pribadi (impersonal) pada suatu ekstrim menjadi komunikasi pribadi atau intim pada ekstrim yang lain.

E.Model pengolahan informasi

  1. Rational
  2. Limited capacity
  3. Expert
  4. Cybernetic

F.Model interaktif manajemen

1.Confidence

Dalam manajemen timbulnya suatu interaksi karena adanya rasa nyaman. Kenyamanan tersebut dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan dan pengertian.

2.Immediacy

Ini adalah model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak membosankan

3.Interaction management

Adanya berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan kepada berbagai pihak yang bersangkutan

4.Expressiveness

Mengembangkan suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku

5.Other orientation

Dalam hal ini suatu manajemen organisasi berorientasi pada pegawai

 

Sumber

Gotheblock.blogspot.com/2013/12/komunikasi-dalam-manajemen_27.html?m=1