C. Tipe-tipe kontrol dan kontrol proses manajemen

Tipe pengendalian manajemen dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu

1.Pengendalian preventif (prefentive control)

Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan perumusan strategic yang dijabarkan dalam bentuk program-program.

2.Pengendalian operasional (operational control)

Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan pengawasan pelaksanaan program yang telah ditetapkan melalui alat berupa anggaran. Anggaran digunakan untuk menghubungkan perenanaan dengan pengendalian.

3.Pengendalian kinerja

Pada tahap ini pengendalian manajemen berupa analisis evaluasi kinerja berdasarkan tolok ukur kinerja yang telah ditetapkan.

D.Kontrol proses manajemen

1.Perencanaan strategi

Perencanaan strategi adalah proses memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi dalam rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan dialokasikan untuk tiap-tiap program jangka panjang beberapa tahun yang akan datang.

2.Penyusunan anggaran

Penyusunan anggaran adalah proses pengoperasian rencana dalam bentuk pengkuantifikasian, biasanya dalam unit moneter untuk kurun waktu tertentu.

3.Pelaksanaan

Selama tahun anggaran, manajer melakukan program atau bagian dari program yang menjadi tanggung jawabnya. Laporan yang dibuat hendaknya menunjukan dapat menyediakan informasi tentang aggaran dan realisasinya baik itu informasi untuk mengukur kinerja keuangan maupun nonkeuangan, informasi internal maupun eksternal

4.Evaluasi kerja

Prestasi kerja bisa dilihat dari efisien atau efektif tidaknya suatu pusat pertanggung jawaban menjalankan tugasnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara realisasi anggaran dengan anngaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sumber

Desthi-m.blogspot.com/2010/01/tipe-pengendalian-manajemen.html?m=1

Fitria-inasya.blogspot.com/2013/11/tipe-tipe-kontrol-kontrol-proses.html?m=1