World Wide Web (WWW)

WWW (World Wide Web) adalah suatu ruang informasi yang dipergunakan oleh para pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya informasi bagi seluruh masyarakat pengguna internet. WWW sering dianggap sebagai internet secara keseluruhan, meski sebenarnya ia hanya bagian internet.

WWW merupakan salah satu layanan aplikasi yang diberikan oleh internet yang dapat dipergunakan sebagai penyebaran informasi dalam bentuk sekumpulan server web dari seluruh dunia yang dapat digunakan bersama. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hyperlink. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks atau hyperlink. Dengan mengeklik hyperlink, maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya

 

E-mail

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Mengirim surat menggunakan email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan Gmail.com. Sebagai contoh kita dapat membuat email melalui www.yahoo.mail.com.

 

Search Engine

Search engine adalah kata kunci atau mesin pencari, mesin penelusur, atau bahkan mesin pelacak yang biasa kita pergunakan sebagai alat perantara untuk mencari sesuatu dengen media internet. Anda bisa menggunakannya untuk mencari apa saja informasi yang dibutuhkan, mulai dari informasi kerja, ilmu, gosip, berita dan lain sebagainya dan dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan.

 

Chatting

Chatting merupakan suatu layanan yang isinya percakapan antara minimal 2 orang melalui pelantara yaitu internet . Orang yang ingin chatting harus sama2 dalam keadaan online. Pada saat chatting kita dapat mengirim teks, suara, gambar dll.

Dengan chatting, hambatan psikologis terkurangi sehingga pikiran dan perasaan dapat kita sampaikan kepada passangan atau kelompok chatting. Kita bisa berdiskusi secara bebas, tetapi tentu bagi pribadi kita sendiri harus tetap diingatkan tentang moral yang harus tetap dijaga.

Chatting tidak hanya digunakan oleh anak remaja saja orang dewasa juga menggunakan jasa chatting ini, karena dengan chatting kita bisa lebih bebas berbicara dengan lawan bicara kita tanpa harus didengar oleh orang lain.

 

Netiquette

Netiket atau Netiquette etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hamper setiap hari jutaan e-mail dikirim dan diteima oleh begitu banyak orang. Bila anda mengikuti sebuah mili dan anda salah dalam berkata-kata, bisa dibayangkan aka nada yang protes ke anda, bicara kasar atau ada yang sekedar bilang kasihan, dll.

 

Flaming

Flaming adalah sebuah tindakan provokasi atau mengejek, melakukan penghinaan terhadap seseorang atau sebuah komunitas yang menyinggung pengguna internet lain yang dapat menimbulkan pertengkaran di sosial media.

 

Trolling

Trolling adalah sebuah pesan atau komentar yang sering digunakan oleh pengguna internet yang bertujuan untuk membangkitkan tanggapan emosional atau kemarahan dari pengguna lain, biasanya sering digunakan dalam debat-debat, memojokkan lawan diskusi bahkan untuk mereka yang tidak tahu etika dalam menggunakan internet.

 

Junking

Junking adalah kata-kata yang tidak berguna dan diposting kedalam sebuah mediasosial.

 

Kesimpulan

Kebutuhan anda dalam mencari informasi di dalam dunia internet semakin mudah karna dengan adanya layanan aplikasi di internet, contoh jika anda ingin berkomunikasi dengan kerabat bisa menggunakan chatting dan e-mail. Jika ingin melakukan penelusuran informasi bisa mengguanakan search engine.

 

Daftar pustaka

J. Alam, M. Agus. 2006. Student Guide Series Pengenalan Internet. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

http://www.feriantano.com/2013/08/pengertian-sejarah-dan-fungsi-dari-world-wide-web-www.html

Syahrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer.  Yogyakarta : ANDI

http://seputar-internet.blogspot.com/2009/03/berbagai-aplikasi-internet.html

http://www.pitikkedu.net/2012/12/pengertian-search-engine.html

Balqisnadiyah.(2013).pengertian netiquette. Jakarta