Jangan Samakan Senjata dengan Listrik Nuklir

Ade Irawan – detikfinance

Senin, 09/05/2011 11:44 WIB

 

Jakarta – Penggunaan energi nuklir untuk pembangkit listrik masih ditakutkan oleh masyarakat di dunia. Padahal pembangkit listrik nuklir ini menghasilkan energi yang sangat besar, bersih, dan aman.


Mantan Presiden Greenpeace Patrick Moore mengatakan, jangan disamakan bahaya senjata nuklir dengan energi nuklir. Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) tidak dimaksudkan untuk membunuh masyarakat.


“Kita menganggap sama energi nuklir dan senjata nuklir. Kita tidak dapat menaruh PLTN untuk membunuh orang,” jelas Patrick dalam Seminar Internasional Energi Berkelanjutan untuk Pembagunan Nasional di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (9/5/2011).

Patrick menambahkan, beberapa berita yang mengabarkan dampak dari pemanfaatan tenaga nuklir sangat berbahaya bagi lingkungan dan manusia. Namun, sebenarnya tidak seperti itu.

“manusia yang cacat dan bayi yang lahir cacat tidak ada nuklir pun dapat terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Patrick menambahkan, energi yang dianggap berbahaya bukan berarti tidak dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Setiap energi dapat digunakan untuk hal baik dan hal buruk.

“Api adalah energi yang berbahaya, tapi kita tetap menggunakannya untuk memasak dan lain-lain,” katanya.

Dengan begitu, menurut Patrick, energi nuklir harus dimanfaatkan untuk menggantikan energi-energi lain. “Energi nuklir harus dimanfaatkan karena sangat bersih dan aman,” pungkasnya.

Sumber: http://finance.detik.com/read/2011/05/09/114455/1635337/1034/jangan-samakan-senjata-dengan-listrik-nuklir

 

KOMENTAR: Pada saat ini Indonesia telah merencanakan untuk menggunakan tenga nuklir sebagai sumber tenaga alternative, dikarenakan nuklir adalah pembangkit tenaga listrik yang sangat bersih dan ramah terhadap lingkungan. Menurut saya hal tersebut seharusnya mendapatkan ijin dari segala pihak, karena dengan menggunakan tenaga nuklir ini kita dapat membantu mengurangi dampak Global Warmin. Jangan hanya selalu berfikir dampak buruknya saja dari sumber daya ala mini, tapi perhatikan juga manfaatnya.